SIMAU atau Sistem Informasi Manajemen Analisis Ujian Siswa (UN/US/USBN) terhadap Hasil UKG Guru, adalah :
Aplikasi yang membantu untuk memproses Analisis Hasil Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional untuk Siswa SD dan SMP dibandingkan dengan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) di Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengapa Perlu Analisis :

Peningkatan Mutu Pendidikan :
Kesesuaian dan keselarasan kompetensi guru dan kompetensi siswa untuk dipadukan dalam sebuah kebutuhan pelatihan sangat penting, artinya dalam proses Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dari Proses PKB yang baik akan berimbas pada meningkatnya kompetensi siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). UN, USBN, US/M merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka memacu peningkatan mutu pendidikan. UN, USBN, dan US/M selain berfungsi untuk mengukur dan menilai pencapaian kompetensi lulusan dalam mata pelajaran dan jenjang tertentu, pemetaan mutu pendidikan pada tingkat pendidikan dasar, juga berfungsi untuk memotivasi pihak-pihak terkait agar bekerja lebih baik guna menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hasil ujian nasional dapat memberikan informasi tentang kelemahan dan kekuatan kompetensi peserta didik. Informasi hasil UN, USBN, dan USM dapat digunakan sebagai umpan balik oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran di kelas.

Peningkatan Kompetensi Guru :
Pentingnya peran guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Peningkatan kompetensi tersebut mencakup kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan dan pertumbuhan kemampuan (abilities), sikap (attitude), dan keterampilan (skill).

Tujuan Pengembangan Aplikasi :
Pengembangan aplikasi analisis hasil belajar siswa berbasis web yang berdasarkan hasil analisis UN, USBN, US/M dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : (1) Dinas pendidikan mampu menyajikan data analisis USBN dan US/M, (2) Dinas pendidikan dapat menginterpretasikan hasil analisis USBN, US/M, (3) Dinas pendidikan dapat menyusun rencana peningkatan kompetensi melalui PKB

Nilai Hasil US/USBN :
Seluruh data rekapitulasi Nilai US/USBN wajib di upload berdasarkan data dari hasil pemeriksaan LJK untuk digunakan sebagai bahan Analisis Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul dalam menilai keberhasilan Guru dan Siswa mengikuti Penilaian.

.